Senin, 06 Oktober 2014

PAGER

Pager ( Radio Panggil)

            Pager adalah alat telekomunikasi yang memungkinkan menyampaikan informasi dan pesan dari suatu tempat ketempat lainnya dengan jarak yang tergolong cukup jauh. Dan pager mampu melakukan hal itu

1.  Pengertian Media Pager ( Radio Panggil )
  • Pager adalah media penerima pesan yang portable yang bekerja berdasar prinsip kode signal radio pada frequency tertentu yang ditransmisikan melalui suatu provider .
  • Pager merupakan radio panggil numeric satu arah hanya dapat menerima pesan dari beberapa digit saja, layaknya sebuah telepon genggam yang digunakan penggunanya untuk mengirim pesan (sms)

2 .Macam-macam pager (radio panggil), berdasarkan pada kemampuannya ada bermacam-macam radio panggil, diantaranya adalah :
  • Radio Panggil Dengan Nada Panggil. Radio panggil jenis ini hanya menerima nada panggil saja sebagai usaha untuk memperingatkan penggunanya agar segera menghubungi panggilannya. Waktu yang dipakai untuk hubungan udara bagi system yang hanya menggunakan nada pemanggil ini jelas pendek. Sehingga meminimumkan kepadatan frekuensi radio.
  • Radio Panggil Numerik. Untuk tipe ini paling tidak rumit karena didalamnya tersedia urutan angka dengan kode untuk memanggil. Jenis ini merupakan radio panggil yang paling popular. Ia menerima dan menguraikan pesan nada peringatan yang diikuti dengan nomor telepon pemanggil yang mengharapkan pengguna radio panggil untuk menghubunginya, peraga numeric digunakan untuk memunculkan nomor telepon pemanggil.
  • Radio Panggil Alphanumerik. Jenis ini menerima pesan naskah, baik dalam bentuk naskah maupun huruf, dengan ataupun tanpa nomor telepon pengirim untuk mewujudkannya tentu saja dibutuhkan memori yang lebih besar dan layar peraga yang lebih lebar. Pada dasarnya radio panggil alphanumerik ini sama dengan radio panggil numeric tetapi kelebihannya terletak pada layanan tambahan seperti surat elektronik faksimile pemberitaan dan layanan informasi lainnya dapat juga diterima dengan pesawat jenis ini.
  • Radio Panggil Dua Arah dapt mangrimkan pesan teks dengan hanya menggunakan tombol yang kecil. Radio panggil jenis ini mewakili teknologi radio panggil paling baru yang memanfaatkan pertumbuhan besar Personal Communication System (PCS), pengguna radio panggil jenis ini dapat menjawab secara langsung berita alfanumerik yang diterimanya.

3.  Sistem Komunikasi Media Pager (Radio Panggil)
           Pola penggunaan pager adalah berawal dari pengiriman pesan oleh seseorang melalui provider service pager yang ditujukan pada ID atau nomor pager tertentu. Pesan tadi dikirim oleh operator provider ke pesawat pager yang dituju. Ketika pesan diterima maka alarm atau tanda berbentuk “vibrating” akan berbunyi atau bergetar dan pesan dapat dibaca pada layar LCD yang terdapat dalam pesawat pager. Pesan yang disampaikan akan diterima oleh pesawat pager selama masih dalam jangkauan pemancar dari service provider yang bersangkutan. Sehingga ini menjadi kendala tersendiri bagi efektivitas penyampaian pesan melalui media ini karena pemancar service provider tergolong langka dan jarang. Kekurangan lainnya media ini mengandalkan pada keterbacaan karena pesan berupa kata-kata selain itu pesan yang disampaikan sangat terbatas dan tidak bisa digunakan untuk menyampaikan pesan yang kompleks . Yang paling utama kekurangan media ini adalah penerima pesan atau pemilik pesawat pager tidak bisa langsung menyampaikan feedbacknya. Namun bagi pengirim pesan ia tidak harus memiliki pesawat pager untuk mengirim pesan. Kelebihan lainnya media ini relatif lebih murah dan cepat dalam penyampaian pesannya.

4.  Cara Kerja Pager Secara Sederhana
          Berikut ini cara kerja pengguna pager. Pesan yang dikirim oleh pengirim yang memalui provider service pager yang ditujukan pada ID atau nomer pager tertentu, adapun urutan secara sistematis (pada umumnya) mengenai pengiriman pesan melalui provider service pager ialah: 
  • Hubungin operator pager tersebut dari telepon rumah. (biasanya nomor operatornya ada dibelakang pager tersebut)
  • Setelah terhubung dengan operator, operator akan meminta ID dari pager yang akan dituju
  • Kemudian pihak yang akan menyampaikan pesan ke pager tujuan membacakan pesan yang akan dikirim
  • Lalu sebelum operator mengirim pesan ke pager tujuan operator akan mengulangi pesan yang telah disampaikan
  • Terakhir pesan terkirim ke pager tujuan

         Setelah pesan diterima oleh penerima pesan maka alarm atau tanda berbentuk getar akan berbunyi atau bergetar dan pesan tersebut akan lampil dilayar LCD yang terdapat pada pesawat pager. Pesan dapat di terima selama masih dalam service area dari profider yang bersangkutam.

5.Kekurangan dan Kelebihan dari Pager (radio panggil)
  • Kelebihan pemakaian radio panggil dibandingkan dengan telepon seluler adalah karenanya sistemnya yang satu arah sehingga lokasinya tidak dapat ditetapkan.
  • Kekurangan atau Kerugian memakai radio panggil ini adalah pesan dari setiap pengirim dengan radio panggil dapat ditangkap oleh jaringan radio panggil lainnya jika menggunakan layanan nasional sehingga pesan yang disampaikan terkirim dapat dideteksi oleh para agen kriminal atau hukum yang tidak di inginkan. dam Penerima pesan atau pemilik pesawat pager tidak bisa langsung menyampaikan feedbacknya

6.Beberapa Contoh Gambar Pager 






sekian terimakasih..

sumber : sumbernya

1 komentar: